HomeBERITAPenuhi Hak Informasi untuk Tunarungu, Rilis Polres Ngawi Kini Libatkan Juru Bahasa...

Penuhi Hak Informasi untuk Tunarungu, Rilis Polres Ngawi Kini Libatkan Juru Bahasa Isyarat

Yanda Maria Sinaga (baju hitam) menjadi juru bahasa isyarat saat rilis Polres Ngawi, Jumat (16/4/2021)

NGAWI, SMNNews.co.id – Polres Ngawi melibatkan juru bahsa isyarat dalam rilis hasil Operasi Cipta Kondisi, Jumat (16/4/2021).

Adalah Yanda Maria Yesera Sinaga yang mendapatkan tugas menjadi juru bahasa isyarat hari itu. Dia dengan cekatan mengikuti dan menyampaikan kembali keterangan yang disampaikan Kapokres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya, ke dalam bahasa isyarat dan gerak bibir yang sesuai.

Yanda bukanlah penyandang tunarungu namun mahir berbahasa isyarat. Saat bertugas di Polres Ngawi itu, dia juga didampingi para pengurus Gerakan Kesejahteraan untuk Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Jatim dan Gerkatin Cabang Ngawi.

“Memang salah satu tugas dan kerjasama kami, ya menjadi juru bahasa untuk kepolisian ataupun institusi lain yang membutuhkan,” ungkap Yanda.

Juru bahasa isyarat ini, menurut Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya dilibatkan sesuai instruksi pimpinan. Selain itu, juga demi memenuhi hak informasi untuk kaum tunarungu. Apalagi, rilis polisi biasanya diliput dan disiarkan oleh media audio visual (televisi).

“Kita pakai juru bahasa isyarat ini, agar saudara-saudara kita yang tunarungu juga mendapatkan informasi setara, terutama saat disiarkan televisi,” ujar AKBP I Wayan Winaya.

Rilis tentang Operasi Cipta Kondisi hari itu, mengetengahkan keberhasilan Polres Ngawi mengamankan 56 tersangka dari puluhan kasus kriminal yang berhasil diungkap selama 22 Maret-2 April 2021. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....