HomeBERITAPlt Walikota Blitar Santoso Pimpin Diskusi Kupas Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi

Plt Walikota Blitar Santoso Pimpin Diskusi Kupas Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi

Plt Walikota Blitar Santoso saat membuka diskusi mengupas fenomena intoleransi dan radikalisme.

Blitar, SMNNews.co.id – Pemerintah Kota Blitar menggelar diskusi ‘Mengupas Fenomena Intoleransi dan Radikalisme’ pada Kamis (24/10/2019).

Disini dikupas lengkap permasalahan ini beserta strategi serta pola-pola pencegahan dan penanggulangannya.

Diikuti sekitar seratus peserta terdiri dari elemen tokoh agama, organisasi keagamaan, mahasiswa, akademisi, guru, ASN, jurnalis, takmir masjid dan pondok pesantren.

Dengan narasumber KH Syafruddin Syarif dari PWNU Jawa Timur, Kementerian Agama Kota Blitar Kanzul Fatoni, Kasat Intel Polres Blitar, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar.

Plt Walikota Blitar Santoso yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan, Pemerintah Kota Blitar berusaha keras dalam menghilangkan paham radikalisme. Sebab Kota Blitar merupakan Kota Proklamator, Bung Karno pendiri bangsa pernah tinggal disini, yang seharusnya paham radikalisme tidak ada disini.

“Hari ini kita apresiasi Syafrudin dari PWNU Jawa Timur membantu kita memberi pemahaman tentang radikalisme. Kita pahamkan dulu masyarakat kita terutama pemuda mahasiswa dan pelajar apa itu radikalisme. Setelah paham baru sama-sama mencegahnya agar tidak berkembang,” kata Santoso.

Selepas acara ini, Santoso berharap agar masyarakat tidak mudah tersusupi oleh paham radikalisme. Apalagi ditengah pesatnya teknologi informasi melalui internet perlu diwaspadai konten-kontennya.

Jika salah mempelajari konten di internet yang terjadi malah terjerumus. Dampaknya radikalisme dan intoleransi muncul di masyarakat.

“Dari hadir juga guru dan siswa juga. Kita ajak waspada salah satunya jangan mudah percaya mbah google dan youtube apalagi menggunakannya untuk belajar agama. Harus ada yang menuntun membimbing sehingga memperoleh kebenaran pelajaran yang dipelajari,” tutur Santoso. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...