HomeBERITAPolda Jatim Berkolaborasi dengan Unair Terkait Kampung Tangguh Berbasis Problem Oriented Policing

Polda Jatim Berkolaborasi dengan Unair Terkait Kampung Tangguh Berbasis Problem Oriented Policing

Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran Saat lakukan Silaturahmi dengan Rektor universitas Airlangga Surabaya Prof Dr M Nasih bertempat di Campus C Unair Surabaya

Surabaya, SMNNews.co.id – Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran didampingi Kapolrestabes Surabaya dan Kabidhumas Polda Jatim melakukan Silaturahmi dengan Rektor universitas Airlangga Surabaya Prof Dr M Nasih, bertempat di Kampus C Unair, Kamis (04/06/2020.)

Karena masih dalam suasana lebaran bulan Syawal 1441 H, Kapolda Jatim beserta rombongan menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kapolda Jatim yang baru.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jatim juga memperkenalkan program Kampung Tangguh Semeru berbasis pemecahan masalah Problem Oriented Policing (POP)dalam menghadapi Covid-19.

Irjen pol M Fadil Imran Selaku Kapolda Jatim, juga mempersilahkan kepada Rektor Unair untuk mengkritisi secara akademis Kebijakan yang dilakukan oleh Polda Jatim demi untuk kemajuan kita semua atau masyarakat sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan Surabaya.

Kami yakin bahwa dengan bersikap kritis untuk kemajuan masyarakat merupakan salah satu wujud terhadap pengabdian masyarakat, Kami berharap adanya kontribusi dari Universitas Airlangga Surabaya.

Kita bisa mengambil hikmah dari Pandemi Covid-19 ini, yakni kita semua harus lebih dekat lagi bekerja sama, bersinergi untuk mengatasi permasalahan ini dan dampak sosialnya dalam masyarakat.

Kapolda Jatim juga mempersilahkan para akademisi Unair untuk melakukan penelitian di lingkungan Polda Jatim dari keilmuan apapun atau segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan kemahasiswaan.

Kapolda Jatim menyadari bahwa Polisi tidak dapat bekerja sendiri dalam penyelesaian masalah sosial tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat, maka Kapolda Jatim memaparkan program Kampung Tangguh Semeru berbasis Oriented Policing, dimana kuncinya adalah Kolaboratif.

Metode Kampung Tangguh Semeru yaitu: Community Partnership, tranformation organisation, problem solving dan Community mobilitation, bertujuan agar masyarakat  memiliki kemampuan dalam mengatasi persoalan secara mandiri dan gotong royong.

Pada prinsipnya keberadaan adalah memberikan solusi, bersifat kolaboratif dan melakukan penguatan program terhadap Kampung Tangguh Semeru.

“Program penguatan Kampung Tangguh Semeru dapat dilakukan dengan penambahan fitur baru disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan menitikberatkan kepada keterlibatan elemen masyarakat, termasuk Kampus secara Akademisi dalam rangka menemukan solusi berhadap adanya permasalahan sosial  yang ada dalam masyarakat,” Pungkas Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran.(Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....