HomeBERITAPT. Biomasa Jaya Abadi Ekspor Wood Pellet dari Pohuwato Provinsi Gorontalo ke...

PT. Biomasa Jaya Abadi Ekspor Wood Pellet dari Pohuwato Provinsi Gorontalo ke Korea

Bupati dan Muspida Pohuwato beserta jajaran pejabat Provinsi Gorontalo saat memberangkatkan kapal pengangkut wood pellet yang dieskpor ke Korea, Kamis (3/11/2022)

POHUWATO, SMNNews.co.id – Wood Pellet atau pelet kayu menjadi salah satu energi terbarukan yang ramah lingkungan. Saat ini, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, ternyata menyimpan potensi wood pellet yang cukup besar. Diantaranya, bahkan 10 ribu ton siap diekspor ke Korea.

Ekspor dilakukan PT. Biomasa Jaya Abadi (BJA) dan dilepas lngsng Bupati P9huwato, Saipul A. Mbuinga, Kamis (3/11/2022). Pelepasan itu juga dihadiri Muspida Pohuwato, Wabup Pohuwato, KSOP Gorontalo, Kadin Penanaman Modal Gorontalo, Kadin LHK Gorontalo berikut pimpinan Bea Cukai Gorontalo.

Menurut Direktur Operasional PT. BJA, ekspor perdana wood pellet itu diharapkan akan berkelanjutan, apalagi pangsa pasar dunia masih terbuka lebar.

Wood pellet menjadi primadona baru di dunia, sebagai bahan bakar, dengan emisi CO2 minimal sehingga ramah lingkungan. Energi yang dihasilkan cukup besar bahkan setara batubara,, dapat digunakan dalam skala kecil sampai besar.

PT. BJA mendapatkan pasokan bahan baku dengan bekerjasama perusahaan lain yakni PT. Banyam Tumbuh Lestari dan PT. Inti Global Laksana.

“Potensi bahan baku juga masih cukup besar di Indonesia, termasuk di Pohuwato. Kita harapkan kerjasama ekspor ini terus berlanjut,” ujar Iskandar.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga menyatakan, ekspor perdana wood pellet itu diharapkan bisa menjadi contoh bagi banyak pengusaha lainnya untuk berinvestasi di Kabupaten Pohuwato. Pohuwato merupakan lokasi investasi yang aman, ramah dan terfasilitasi dengan baik.

“Pemkab Pohuwato selain memiliki fasilitas pelabuhan barang yang kita gunakan memberangkatkan ekspor wood pellet ini, juga ada pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Paguat yang dapat melayani kapal perintis sampai Teluk Tomini,” ujar Saipul A. Mbuinga.

Kegiatan ekspor wood pellet yang dlakukan PT. BJA menurut Saipul, diharapkan dapat mendorong iklim positif investasi di Pohuwato dan berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Juma)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....