HomeBERITARebutan Tumpeng Durian Jadi Daya Tarik Festival Durian Blitar

Rebutan Tumpeng Durian Jadi Daya Tarik Festival Durian Blitar

Tumpeng durian jadi rebutan.

BLITAR, SMNNews.co.id – Warga Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar menggelar festival durian di lapangan desa setempat pada Sabtu (8/2/2020). Ini menarik animo ribuan masyarakat datang untuk datang di acara yang menyajikan berbagai jenis durian dalam berbagai bentuk ini.
Tidak hanya buah durian saja, di sini juga ada berbagai olahan makanan dan minuman berbahan durian bikinan warga desa. Bahkan bagi yang ingin mempunyai pohon durian sendiri, disediakan bibit durian berbagai jenis yang bisa dibeli.

Sebagai wujud apresiasi dan dukungan pemerintah daerah, Blitar Rijanto datang menghadiri acara ini. Bupati datang mengunjungi satu persatu stan yang menjual durian dan menyapa pedagang dan warga yang sedang membeli.

“Tentunya saya mengepresiasi Desa Sumberasri yang tokoh pemuda tokoh masyarakatnya bisa menggelar festival durian ini dalam ketiga kalinya. Ini sangat luar biasa duriannya montongnya besar-besar dan enak rasanya,” ungkap Bupati Rijanto.

Rijanto menuturkan festival kali ini berbeda dengan yang digelar dua tahun yang lalu. Di mana tahun lalu durian didatangkan dari berbagai daerah, sedang tahun ini durian dihadirkan khusus durian khas Desa Sumberasri.

“Durian khas Sumberasri ini manis, ada pahitnya sedikit. Durian yang enak setahu saya seperti ini,” ujarnya.

Bupati berharap festival durian Desa Sumberasri ini bisa menjadi agenda rutin tahunan. Dengan begitu bisa menjadi icon desa bahkan icon daerah. Sehingga nantinya bisa mengangkat perekonomian desa dengan potensi duriannya ini.

“Jadi nanti kalau warga luar kalau ke Blitar pasti mencari durian Sumberasri. Maka dari itu pemerintah mendorong agar budidayanya dilestarikan. Karena di daerah Kecamatan Nglegok tanahnya cocok bila ditanami durian, alpukat, nanas dan rambuatan,” pungkas bupati.

Di acara ini sebagai wujud syukur warga terselenggaranya festival durian ini, digelarlah tumpengan durian. Dalam tumpengan ini ada berbagai hasil bumi seperti petai, nanas, buah naga, dan yang utama adalah durian. Lantas dilepaskan tumpengan ini dan direbutkan oleh orang banyak. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Terduga Pembunuh Mahasiswa UM Berhasil Diamankan Polresta Malang Kota

MALANG, SMNNews.co.id - Polresta Malang Kota berhasil meringkus pelaku pembunuhan seorang mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) Diah Agustin Lestariningsih (17), warga Desa Semen, Kecamatan...

Duta Digital Kemendesa PDTT Dorong Lahirnya Perda Smart Village di Kabupaten Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Duta Digital Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melakukan audiensi dengan Komisi Satu DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (13/5/24),...

Mobil Masuk Jurang Sedalam 80 Meter, Kasat Lantas Polres Malang: Dugaan Sementara Rem Blong

MALANG, SMNNews.co.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang, Jawa Timur, menyebutkan peristiwa kecelakaan yang menyebabkan empat orang meninggal dunia di jalur kawasan Taman...