HomeBERITASerahkan IPAL ke Masyarakat, Walikota Blitar Santoso Ajak Jaga Kebersihan Wujudkan Kota...

Serahkan IPAL ke Masyarakat, Walikota Blitar Santoso Ajak Jaga Kebersihan Wujudkan Kota Keren

Walikota Santoso menyerahkan secara simbolis sarana sanitasi berbasis masyarakat ke kelompok swadaya masyarakat.

BLITAR, SMNNews.co.id – Walikota Blitar Santoso menyerahkan Pemanfaatan Sarana Sanitasi Berbasis Masyarakat secara simbolis kepada 8 Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Selasa (9/3/2021).

Kegiatan serah terima bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tersebut digelar di Lingkungan Tanggung Santren, Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul. Bangunan yang dulu dibangun dengan padat karya masyarakat pada tahun 2020 dengan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 1,9 miliar kini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Walikota Santoso mengatakan keberadaan IPAL di tengah masyarakat ini guna mengatasi limbah domestik masyarakat dari kegiatan mencuci, manci, memasak dan sebagainya. Air limbah tersebut diurai dahulu sebelum dibuang ke alam bebas sehingga tidak sampai timbul masalah pencemaran lingkungan.

“Sanitasi berbasis masyarakat ini guna menciptakan pola lingkungan bersih dan sehat. Dimana sejak pembangunannya melibatkan masyarakat dan hingga selesai ini masyarakat harus ikut merawat fasilitas atau ikut handarbeni demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Walikota Santoso.

Santoso berharap dengan adanya bantuan pemerintah ini bisa menjadikan semangat masyarakat dalam peduli lingkungan. Sehingga betul terwujud Kota Blitar Keren karena terkenal dengan kebersihannya.

“Kebiasaan harus kita rubah mulai sekarang mulai tidak buang sampah sembarangan. Kita wujudkan Kota Blitar Keren karena kebersihannya dan kita menjadi nyaman untuk bekerja dan tinggal di kota ini,” ajak walikota peduli wong cilik ini.

Untuk diketahui fasilitas IPAL yang diserahkan ke kelompok masyarakat ini bisa dimanfaatkan hingga 50 rumah tangga dalam menyalurkan limbahnya. Bantuan pembangunan IPAL ini masih berlanjut di tahun 2021. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...