HomeBERITATarget Tuntas di Bulan April, Dandim 0805 Ngawi Serahkan Bantuan Tunai untuk...

Target Tuntas di Bulan April, Dandim 0805 Ngawi Serahkan Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung

Dandim Ngawi, Letkol Adi Wirawan, secara simbolis menyerahkan bantuan pada salah satu pedagang

NGAWI, SMNNews.co.id – Kodim 0805 Ngawi menyalurkan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan pedagang warung, Jumat (8/4/2022).

Bantuan ini merupakan program Presiden dan disalurkan melalui TNI. Bantuan diharapkan dapat membantu permodalan usaha kecil.

“Di Ngawi ada 20 ribu orang terdiri dari PKL dan pemilik warung. Jumlah bantuan tunai sebanyak Rp600 ribu untuk tiap penerima,” ungkap Dandim Ngawi, Letkol Adi Wirawan.

Para penerima telah dilihat langsung usahanya, oleh para Babinsa yang langsung terjun ke lapangan melihat kondisi para PKL maupun pemilik warung kecil.

Pencairan pertama bantuan ini sebanyak 700 orang, dilakukan di Makodim Ngawi, Jl. J.A Suprapto. Selanjutnya akan didistribusi ke Koramil dengan target tuntas paling lambat pada akhir April 2022.

Program bantuan tunai untuk PKL dan warung ini juga merupakan perhatian pemerintah dalam membantu pelaku usaha mikro di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai hingga sekarang.

Ia juga menambahkan, salah satu syarat penerimaan bantuan yakni tidak terdaftar sebagai penerima Bantuan BPUM pada tahun 2021,serta usaha yang dijalani benar-benar mata pencaharian satu satunya untuk menghidupi kebutuhan keluarga sehari harinya.

“Tujuannya agar ada pemerataan dalam penerimaan bantuan dari pemerintah, sehingga dapat membantu roda ekonomi,” tambahnya.

Buoati Ngawi, Ony Anwar Harsono, yang turut menghadiri penyaluran hari pertama itu, menyambut positif langkah Kodim Ngawi. Dia berharap, dengan stimulan ini, pedagang kecil lebih bersemangat mengelola usaha mereka dan roda ekonomi kerakyatan kembali bergerak.

“Kita harapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk menambah modal usaha bagi para pedagang kecil di Ngawi,” tutur Ony Anwar.

Para pedagang kecil sendiri mengau senang mendapatkan bantuan tunai itu. Meskipun jumlahnya tak banyak namun cukup menolong kesulitan modal mereka.

“Saya menjual makanan, saat ini minyak goreng naik, bahan-bahan juga naik harganya, jadi ketika ada bantuan ini tentu senang sekali,” tutur Endang, seorang pedagang makanan di Ngawi. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Seorang Pria di Kota Malang Tewas Terlindas Truk Tronton, Korban Langsung Dievakuasi di RSSA Kota Malang

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Terjadi kecelakaan lalu lintas di Merjosono dan menewaskan Buamin (66) warga Jalan Kolonel Sugiono III Mergosono Kota Malang. Pria lansia ini...

Menteri Koperasi dan UKM Hadiri PLUT KUMKM Summit 2024, Teten Sampaikan Hal Ini!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menghadiri acara Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM)...

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...