HomeBERITATMMD 114 di Desa Gunungsari, Eratkan Kebersamaan Rakyat dan TNI

TMMD 114 di Desa Gunungsari, Eratkan Kebersamaan Rakyat dan TNI

Satgas TMMD 114 Ngawi, meninjau pelaksanaan pavingisasi di lokasi sasaran yakni Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman. (foto by: K.P. Susanti)

NGAWI, SMNNews.co.id – Pandangan Yaidi, seorang pria parobaya asal Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, menerawang ke jalan desanya yang berbatu dan kini dipenuhi pasir dan onggokan paving blok.

Angin meniupkan debu bebatuan, membubung dan pengap menguar ke angkasa. Namun Yaidi malah tersenyum. Sudah ia bayangkan, jalan itu segera mulus berpaving.

Berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114, jalan menanjak tak rata itu akan dibangun. TMMD 114 di Gunungsari ditargetkan berlangsung 26 Juli 2022 sampai 24 Agustus 2022.

“Senang sekali rasanya jalan desa kami dibangun, apalagi selain pavingisasi jalan, TNI juga merehab masjid dan rumah tidak layak huni, membangun talud, membangun poskamling dan penyuluhan,” ungkapnya.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 114 yang menyasar Desa Gunungsari, membantu mewujudkan mimpi warga desa ini untuk memiliki jalan dan prasarana yang memadai.

Komandan Kodim 0805 sekaligus Dansatgas TTMD 114 di Ngawi, Letkol Adi Wirawan, menjelaskan pengadaan material program ini didukung Pemkab Ngawi melalui Dinas Permukiman, senilai Rp2,3 M.

TNI menerima bahan material itu dan menerjunkan 152 personel untuk melaksanakannya. Mereka itu pun tinggal bersama masyarakat di lokasi sasaran program.

Jalan paving sedang dikerjakan TNI dan masyarakat Desa Gunungsari.

“TMMD berupa pembangunan fisik yaitu membuat talud 791 meter, jalan paving 1.895 meter, rehab dua rumah tidak layak huni, rehab masjid dan mendirikan 5 poskamling. Sedangkan non fisik dengan melakukan penyuluhan ke masyarakat dan pelajar,” ungkap Letkol Adi Wirawan.

TMMD 114 menyasar Desa Gunungsari karena pendapatan masyarakatnya masih rendah, infrastruktur belum memadai dan banyak wilayah yang sulit dijangkau atau terisolir, padahal termasuk dekat dengan kabupaten tetangga yaitu Bojonegoro.

“TMMD 114 ini juga diharapkan dapat membangkitkan komunikasi sosial yang lebih erat antara TNI dan rakyat. Tanpa rakyat, TNI bukan apa-apa, rakyat adalah penyokong utama dalam bela negara dan mempertahankan tanah air,” imbuh Dantasgas TMMD 114, Letkol Adi Wirawan. (Penulis: K.P. Susanti)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Telan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron Diwarnai Kelaparan

MADIUN, SMNNews.co.id - Anggaran biaya pengisian perangkat desa Tiron yang dibebankan APBDes hingga ratusan juta rupiah dikeluhkan beberapa peserta saat melaksanakan ujian tulis. Pasalnya, ujian...

Pastikan Berjalan Lancar Dan Aman, Babinsa Koramil Doko Dampingi Penyaluran BLT DD Kepada Warga Binaannya

Blitar - SMNNews.co.id - Babinsa Koramil Tipe B 0808/13 Doko Kodim 0808/Blitar Serda Anas Sugiarto bersama Bhabinkamtibmas selalu bersinergi untuk melaksanakan kegiatan pendampingan penyaluran...

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2022

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Rapat koordinasi dan evaluasi distribusi pupuk bersubsidi diwilayah Kabupaten Indramayu yang diselenggarakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu....