HomeTNIUpacara 17an, Dandim 0418/Palembang Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Khususnya Terkait Isu-isu Terkini...

Upacara 17an, Dandim 0418/Palembang Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Khususnya Terkait Isu-isu Terkini dan Tugas Pokok TNI

Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat saat menjadi Inspektur Upacara (IRUP) 17 an.

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Komandan Kodim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat menjadi Inspektur Upacara (IRUP) 17 an yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodim 0418/Plg di Lapangan Upacara Makodim 0418/Palembang Jl. Di Ponegoro Kecamatan Bukit Kecil Palembang, Senin (18/03/2024).

bertindak Sebagai Inspektur Upacara Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat membacakan amanat Pangdam II/Swj Mayjend TNI Yanuar Adil

Dalam amanatnya Pangdam II/ Swj pada kesempatan ini mengucapkan selamat hari raya Nyepi bagi yang beragama Hindu dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan 1445H bagi yang beragama Islam .

Pada  Upacara Bendera Tujuh belasan kali ini ada beberapa hal yang ingin  saya sampaikam khususnya yang terkait dengan isu terkini dan berkaitan tugas pokok kita sebagai satuan kewilayahan .

Yang pertama yaitu tentang kelanjutan proses  Pilpres yang saat ini masih tahapan perhitungan dan ramai terkait dengan isu hak angket dari partai politik.ini perlu saya sampaikan supaya kita sebagai aparat negara memahami peran dan posisi kita .

Hak Angket itu merupakan hak politik dari legislatif yang dijamin oleh konstitusi,sehingga dalam menyikapinya kita hanya memonitor perkembangan sesuai dengan konstelasidan tidak terlarut dalam polemik karena kita netral dan prosesnya sendiri telah diatur pada UUD 1945 dan tata tertib di  DPR RI .

Kedua adalah terkait perkembangan cuaca saat ini .Dimana iklim tahun ini berbanding terbalik dengan tahun 2023 dimn tahun 2024 ditenggarai bencana banjir dan longsor di seluruh wilayah Indonesia dan secara khusus sejak Januari Sampai dengan Februari, Mayoritas bencana yang terjadi adalah banjir yaitu sebesar  63,69% dari  292 bencana yang terjadi .

Selain banjir ,bencana alam yang terjadi tahun ini diantaranya cuaca ekstrim,tanah longsor, karhutla,dan gempa Sumsel khusunya berada pada urutan ke lima dari provinsi yang mengalami bencana ,sehingga kita perlu antisipasi terjadi bencana alam karena tidak di pungkiri TNI merupakan garda terdepan dalam tugas bantuan ini .

Jika berkaca dari pengalaman bencana yang terjadi di Sumbagsel tahun lalu ,mk wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu perlu mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor. Kemudian potensi karhutla di wilayah OKI ,Bangka Tengah, Belitung Timur, pesawaran lainya Lampung dan wilayah.

Untuk penanganan bencana diatas MK perlu disiapkan bukan hanya dalam rangka darurat bencana,namun lebih kepada upaya mitigasi baik berupa penanaman pohon, pembersihan aliran air/sungai, pengendalian sampah,pembuatan tanggul air dan penyiapan air bersih memalui TNI manunggal air ,serta sosialisasi bencana kepada masyarakat secara dini.

Termasuk kedepan ,untuk mencegah banjir yang lebih besar ,maka program optimasi lahan rawa yang merupakan kerjasama TNI AD dengan kementerian pertanian yang harus selesai pada Juni 2014, bisa di selaraskan dengan upaya pengendalian air.

Di akhir amanatnya Pangdam II/Swj menekankan beberapa hal diantaranya Pertama tetap tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kedua sikapi secara cerdas perkembangan situasi di lingkungan sekitar kita.

Ketiga lapor cepat apabila menghadapi permasalahan dan bijak dalam mengambil keputusan di era digital yang serba cepat seperti sekarang ini.

Keempat segera direncanakan dan laksanakan program kerja sebagaimana sasaran yang telah di tetapkan komando atas.

Selesai Upacara Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat memberikan bingkisan bagi anggota yang berulang tahun sebagai wujud perhatian kepada anggota dan kegiatan ini rutin setiap bulannya di lakukan untuk membangun kedekatan.

“Kodim 0418/Plg Berkomitmen untuk merayakan setiap anggota yang berulang tahun setiap bulannya melalui sentuhan kecil ini,Kita menghadirkan nuansa yang hangat dan solid di setiap langkah kami, selamat ulang tahun bagi anggota yang berulang tahun,” tutupnya. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...