HomeBERITAWabup Pasaman Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-78

Wabup Pasaman Hadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-78

Wabup Pasaman saat menghadiri Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-78

PADANG, SMNNews.co.id – Wabup Pasaman Sabar AS berharap peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke-78 makin memperkuat sinergitas antar Pemprov Sumbar dengan pemkab/pemko yang ada di Sumbar.

“Termasuk memperkuat sinergitas antara Pemprov Sumbar dengan sejumlah pemprov di daerah tetangga,” ujar Sabar yang ditanya sebuah media audio usai sidang paripurna istimewa DPRD Sumbar dengan agenda memperingati Hari Jadi Sumbar ke-78 di Padang, Minggu (1/10/2023).

Sebelum menguraikan harapannya, terlebih dahulu Wabup Sabar menyatakan memberi apresiasi atas kerja keras Pemprov Sumbar selama ini yang membuat daerah ini semakin maju. “Ini tentu tak bisa dipisahkan dari kemitraan yang baik dengan DPRD,” ungkapnya.

Wabup Sabar berharap terjadi sinkronisasi antara sumber daya yang dimiliki oleh Pemprov Sumbar dengan kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pemkab/pemko yang ada di Sumbar. “Terutama sumber daya anggaran,” ujarnya.

Dengan demikian, menurut Sabar, antara kebijakan anggaran yang digariskan Pemprov Sumbar sejalan dengan kebijakan pembangunan di tingkat kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

“Sehingga yang disasar merupakan sektor-sektor yang menjadi unggulan di masing-masing kabupaten/kota,” bebernya. Sabar menunjuk contoh Pasaman yang menggunggulkan sub-sektor perikanan.

“Nah, bagaimana ini digenjot secara bersama-sama,” sarannya. Ditambah dukungan dari pemerintah pusat, sebut Sabar, bagaimana sektor ini digenjot bersama-sama sehingga diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktifitas.

Penanganannya, kata Sabar, harus dilakukan dari hulu sampai hilir, bahkan diupayakan untuk mendapatkan nilai tambah.

“Termasuk pemasarannya,” tambah mantan anggota DPRD Sumbar ini.

Wabup Sabar juga menekankan perlunya meningkatkan aspek kolaborasi, baik antara Pemprov Sumbar dengan pemerintah kabupaten/kota, termasuk antara Pemprov Sumbar dengan sejumlah daerah tetangga seperti Provinsi Sumatera Utara dan Riau.

“Saya kira ini penting,” tandas Sabar. Ia menunjuk contoh, untuk mendukung aksesebilitas sangat diperlukan dukungan Pemprov Sumbar untuk membangun jaringan jalan ke kabupaten tetangga, Limapuluh Kota.

Termasuk rencana membuka hubungan darat ke Riau melalui Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan ke Sumut melalui Padang Lawas,  menurut Sabar, menuntut keterlibatan Pemprov Sumbar.

“Bila jalur darat menuju kedua provinsi sudah terbuka, tentu akan memudahkan bagi Pasaman untuk memasarkan komoditas yang dihasilkan, terutama komoditas di sektor pertanian dengan sejumlah sub-sektornya itu,” kata Sabar. (mad)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Hadiri Perpisahan Pondok Pesantren Nurul Hidayah

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati  Pasaman, Sabar AS menghadiri perpisahan Santriwan dan santriwati pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan, Sabtu...

Razia Balap Liar, Polres Pamekasan Amankan Puluhan R2 di Dua Lokasi Berbeda

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan yang tergabung dalam pleton siaga Polres Pamekasan terjun langsung melakukan penindakan balapan liar dan mengamankan puluhan sepeda motor yang...

KPU Kabupaten Pasuruan Tetapkan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, menggelar Rapat Pleno Terbuka, Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih  Anggota DPRD,...