HomeBERITAWabup Sabar AS Serahkan Motor Roda Tiga untuk Pokdakan

Wabup Sabar AS Serahkan Motor Roda Tiga untuk Pokdakan

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS saat menyerahkan Motor Roda Tiga untuk Pokdakan

Pasaman, SMNNews.co.id – Sebanyak 10 Kelompok Pokdakan yang ada di Kabupaten Pasaman mendapat bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Rebublik Indonesia berupa kendaraan roda tiga dan 20 unit Pompa air untuk 20 kelompok pokdakan sebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman M. Dwi richi di lokasi Balai benih ikan beringin Kecamatan Rao Kamis 14 April 2022.

Ricki juga mengatakan, untuk saat ini kita baru menyerahkan bantuan tersebut terhadap kelompok baru 3 unit sepeda motor roda tiga selebihnya masih dalam tahap perakitan kendaraan tersebut di daerah tersebut, sedangkan untuk pompa air sebelumnya juga telah diserahkan terhadap kelompok pokdakan yang ada.

Sementara itu Wakil Bupati Pasaman Sabar AS usai menyerahkan bantuan tersebut dihadapan kelompok Pokdakan yang menerima bantuan tersebut mengatakan, Terkait Kabupaten Pasaman merupakan sentra terbesar penghasil ikan air tawar di Sumatera Barat tentunya menadi perhatian khusus dari kementrian Kelautan dan perikanan.

Sesuai dengan visi Pasaman yaitu mewujudkan Pasaman yang lebih maju dan bermartabat, yang didukung oleh 6 misi dan 10 program prioritas, salah satu program prioritas yaitu Pasaman majukan ekonomi kerakyatan, tiga sektor yang menjadi proritas diantaranya sektor Pertanian, Sektor Pariwisata dan sektor perikanan.

Terkait dengan sektor perikanan, pemerintah daerah mencoba untuk lebih di tingkatkan, sebagai salah sektor andalan peningkatan ekonomi masyarakat, sementara itu menurut data, perputaran uang di sektor perikanan ini di daerah Pasaman mencapai 1.4 triliyun, dengan hal tersebut tentu kan dapat membantu kesejahteraan sedikitnya dua puluh ribu KK atau 120 ribu jiwa.

Untuk itu pengelolaan perikanan harus terintegrasi, pola penanganan nya perlu di lakukan dengan serius dan terpadu, mulai dari hulu sampai hilir, hal ini tentu perlu kerja keras kita bersama termasuk kelompok,dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah adanya peralatan, bahan pakan dan sarana produksi,” ucap Wabup.

Guna mengantisipasi penanganan bahan pakan ikan di daerah ini dan untuk mengurangi kos atau pengeluaran petani ikan saat ini  program besar yang akan dilaksanakan pemerintah daerah diantaranya Pembuatan pabrik Pakan ikan dan saat ini dalam proses tender dan mudah mudahan mudahan tahun ini akan sudah mulai dibangun,” ungkap Sabar AS.

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini akan dapat membantu kelompok petani ikan, baik produksi maupun mobilisasi dan mari kita pergunakan sebaik baik nya serta kita jaga dan dirawat sebagaimana mestinya,” tutup Sabar AS. (mad)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....