HomeBERITASesak di Lapas Akibat Jumlah Penghuni Lebihi Kapasitas

Sesak di Lapas Akibat Jumlah Penghuni Lebihi Kapasitas

Survey ke lokasi Lapas dilakukan tim dari Dinas Perkim Ngawi sebelum melakukan penyedotan.

NGAWI, SMNNews.co.id – Tangan Hendro Nugroho Susilo masih memegang kertas berisi protes warga di Jl M. Ilyas, permukiman yang berbatasan dengan Lapas Ngawi, lembaga yang dipimpinnya.

Surat protes warga itu terkait bau menyengat dari buangan kotoran penghuni, yang seringkali menguap liar, apalagi ketika musim hujan seperti sekarang.

“Ini surat protes ketiga yang kami terima, kami maklumi protes mereka karena memang Lapas Ngawi penuh penghuni,” beber Hendro.

Saat ini, Lapas Ngawi terletak di tengah kota, Jl. M. Thamrin, luasnya sekitar 5.100 meter persegi. Di dalamnya tinggal 538 warga binaan, dari kapasitas seharusnya hanya sekitar 200an orang. Catatan ini sesuai data terakhir, Rabu (3/11/2021).

Tak berdayanya Lapas Ngawi mengatasi limbah cair itu, juga karena kurangnya akses truk penyedot limbah untuk bisa masuk ke bak penampungan yang berbatasan dengan jalan kawasan Ngawioboro.

Solusi atas masalah limbah di Lapas, melibatkan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ngawi.

Setelah melakukan survey, Senin (1/11/2021) lalu, Dinas Perkim melakukan pengurasan dengan cara menyedot limbah dari penampungannya.

“Kami menerima instruksi pimpinan daerah mengatasi kendala pembuangan limbah cair di Lapas itu. Solusinya kita sedot dan buang ke Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT),” ujar Hadi Suroso, Kepala Dinas Perkim Ngawi.

Pengurasan limbah cair di Lapas Ngawi memerlukan pipa sampai 100 meter dan beberapa kali pengangkutan hingga keadaan sedikit longgar.

Saat ini masih dalam pengamatan, kapan pengurasan akan kembali dibutuhkan oleh Lapas Ngawi. Namun diprediksi, tak sampai tiga bulan, aktifitas penyedotan limbah akan diperlukan lagi. Hal itu mengingat penghuni lapas yang telah over kapasitas.***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Wakil Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RPJPD 2025-2045 Sumatera Utara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin buka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut tahun 2025-2045. Turut hadir...

Pendamping PKH Gelar Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Sekaligus Acara Halal Bi Halal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kisaran Timur telah memulai pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) yang baru-baru ini dilaksanakan di Kelurahan...

Pemerintah Kabupaten Asahan Kirimkan 17 Peserta Pelatihan yang Telah Dinyatakan Lulus Seleksi dan Wawancara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menyerap lebih banyak tenaga kerja terampil, Ibu Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia...