HomeBERITASurvey Sementara LPPM Unisba, Rijanto-Marhaenis, Tetap Idola Wong Blitar

Survey Sementara LPPM Unisba, Rijanto-Marhaenis, Tetap Idola Wong Blitar

Waket LPPM Unisba Blitar, Anam M Huda, saat memaparkan survey sementara, Minggu (1/3/2020)

BLITAR, SMNnews.co.id- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Islam Balitar (Unisba) memaparkan hasil survei opini publik terhadap calon bupati dan wakil bupati Blitar pada Minggu (1/3/2020).

Hasil survei ini menjadi referensi akademik pergerakan suara kandidat dan juga kepuasan publik pada calon incumbent atau petahana.

“Unisba sebagai Universitas di Blitar dalam upaya pengabdian kepada masyarakat dan penelitian, melakukan survei ini sebagai referensi akademik,” kata Wakil Ketua LPPM Unisba, Anam Miftahul Huda.

Anam menjelaskan, survei LPPM Unisba memggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sample dalam survei 492 responden dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar dengan margin of error 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode pengumpulan data pada responden yang terpilih, secara tatap muka diberikan kuesioner oleh pewawancara terlatih dengan 2 responden setiap desa. Pengambilan data ini dilakukan mulai 23-26 Februari 2020.

Hasil survei itu, hampir semua responden 97 persen mengetahui akan digelar pilkada pada 23 September 2020 nanti. Sedang tokoh yang telah dikenal masyarakat mayoritas mengenal incumbent, yakni Rijanto 26 persen dan Marhaenis Urip Widodo 23 persen.

Lalu tokoh lain dikenal disusul Mak Rini 12 persen, Heri Romadhon 6 persen, Guntur Wahono 5 persen, masing-masing 4 persen diantaranya Gus Dain dan Sugianto. Hasil lainnya, masing-masing 3 persen untuk Abdul Munib dan Trijanto, lalu 1 persen mengenal Suswati.

“Popularitas tokoh yang dikenal ini, masyarakat melihat paling banyak dari rekam jejak politiknya, kedua dari agama, lalu usahanya,” ungkap dosen komunikasi bergelar doktor ini.

LPPM Unisba ini juga memasukkan simulasi untuk calon bupati dan wakil bupati. Bila pasangan incumbent maju untuk saat ini kemungkinan dipilih kembali sebanyak 76 persen.

Sedang empat besar popularitas kandidat calon saat ini adalah Rijanto (incumbent) 38 persen, Marhaenis Urip Widodo (incumbent) 34 persen, Mak Rini 18 persen, dan Heri Romadhon 9 persen.

Dia menuturkan ada kemungkinan nama-nama baru muncul lagi, karena faktor peranan partai politik yang dinamis. Untuk itu mungkin akan melakukan survei kembali pasca penetapan calon oleh KPU.

“Jadi survei saat ini seperti stimulan atau wacana awal bagi masyarakat siapa calon yang muncul. Setelah penetapan KPU mungkin akan kita gelar survei lebih ke elektabilitas,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemkab Asahan Melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Kirimkan Dua Orang Instruktur ke Padang

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan mengirimkan dua orang Instruktur yang didalam wilayah Kabupaten Asahan untuk menjadi peserta Kompetisi Keterampilan Instruktur...

Dinsos Kabupaten Asahan Ikuti Forum Silaturahmi Karang Taruna se-Sumatera Utara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Asahan dengan antusias menghadiri Forum Silaturahmi Karang Taruna se-Sumatera Utara yang diadakan di Hotel Saka Medan. Forum...

Dinsos Kabupaten Asahan Ikuti Rapat Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan Triwulan I di Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pejabat Fungsional pada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Asahan menghadiri rapat yang diadakan di Aula E-Planning BAPPEDA...