HomeBERITAIstri Dandim 0807/ Tulungagung Kagumi Keindahan Alam Tersembunyi, Ini Harus Dilestarikan

Istri Dandim 0807/ Tulungagung Kagumi Keindahan Alam Tersembunyi, Ini Harus Dilestarikan

Gemercik air dari pegunungan alami kalimas Desa Sebalor

Tulungagung SMNNews.co.id – Tempat rekreasi sebagai sarana melepas kejenuhan dan penghilang stress tidak perlu jauh-jauh. Banyak pilihan tempat wisata di Tulungagung bisa untuk referensi , sebab hal itu bisa menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan dalam hidup, Senin (15/6).

Menjelajahi keindahan panorama alami wisata sejuta pesona penuh makn yang pas dikunjungi salah satunya adalah Destinasi Wisata Desa Sebalor, berada di Kecamatan Bandung.

Dolan bareng ke Desa Sebalor banyak menawarkan daya tarik sejuknya udara alam pegunungan, indahnya gemercik air terjun kalimas, para pengunjung dapat melakukan kegiatan outbound. Bila malas berjalan kaki, pengunjung bisa menyewa kuda untuk sarana mengenal masyarakat yang ramah di Dusun Sebalor.

Berwisata bersama keluarga tentunya menyenangkan, Desa Sebalor juga menyediakan tempat untuk menginap (homestay) dengan tarif murah . Lebih penasaran lagi , pengunjung bisa beruji nyali dengan kuliner pawon (dapur) tiwul dengan masakan khas nasi tiwul diadu ikan laut yang pedasnya menyiksa lidah.Julukan Pawon tiwul ini disediakan di rumah beberapa warga, dimana semua bumbu dan ikannya langsung dimasak di pawonan (tungku) menggunakan kayu bakar. Biar akrab pengunjung wisata bisa terlibat secara aktif memasak.

Salah seorang pengunjung yang sudah menikmatinya adalah ketua Persit Candra Kirana cabang XXI Kodim 0807/ Tulungagung Kiki Wolan Bahtiar, “saya terkesan dengan kehidupan sosial dan budaya di Tulungagung, kulinernya sangat fariatif. Dan yang paling mengagumkan adalah dari sisi keindahan alamnya”.

“Ternyata di Tulungagung banyak sekali spot-spot pemandangan alam yang belum tereksplor dan menjadi destinasi wisata lokal. Harapan saya semoga ke depan pemerintah bisa memberikan dukungan dan apresiasi terhadap kearifan lokal. Karena ini merupakan aset wisata Tulungagug”, jelas Kiki Wildan Bahtiar.

Dalam situasi seperti ini diperlukan komunikasi, pencerahan yang bisa memandu masyarakat sebagai pelaku wisata desa. Agar nantinya semua pariwisata di Tulungagung bisa kembali bangkit dengan meningkatkan kapasitas keberlanjutan bisa kembali survive.

Peluang untuk kembali bangkit menuju new normal sangat besar. Di tunjang potensi desa seperti wisata edukasi kebun jeruk di Desa Sebalor. Desain wahana unik mampu memikat para pengunjung yang dapat menikmati buah jeruk langsung dipetik dari pohonnya.(Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Wakil Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RPJPD 2025-2045 Sumatera Utara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin buka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut tahun 2025-2045. Turut hadir...

Pendamping PKH Gelar Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Sekaligus Acara Halal Bi Halal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kisaran Timur telah memulai pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) yang baru-baru ini dilaksanakan di Kelurahan...

Pemerintah Kabupaten Asahan Kirimkan 17 Peserta Pelatihan yang Telah Dinyatakan Lulus Seleksi dan Wawancara

ASAHAN, SMNNews.co.id - Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menyerap lebih banyak tenaga kerja terampil, Ibu Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia...