HomeBERITASempat Tersendat, Kartu Tani Kembali Disalurkan Tahun Ini

Sempat Tersendat, Kartu Tani Kembali Disalurkan Tahun Ini

Eka Sri Rahayu, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, Disperta Ngawi.

NGAWI, SMNNews.co.id – Setelah sempat tersendat dan baru menjangkau sekitar 20 persen petani di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, program kartu tani kembali dilanjutkan tahun ini.

Kartu tani ini diharapkan menjadi sarana bagi petani dalam mendapatkan jatah pupuk bersubdidi.

“Pengelolaan kartu tani di Ngawi, menggandeng perbankan dan diharapkan nantinya semua petani akan tercatat menerima kartu tani ini,” ujar Eka Sri Rahayu, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Rabu (6/01/2021).

Eka Sri Rahayu mengakui bahwa tersendatnya penyaluran Kartu tani karena adanya kendala distribusi.

“Program kartu tani tetap dilanjutkan di tahun 2021 ini, kemarin kendalanya distribusi yang sulit,” ujarnya 

Di Kabupaten Ngawi jumlah petani mengalami peningkatan dari 114.705 di tahun 2020, kini menjadi 122.197 orang. Namun hal tersebut tidak serta merta akan membuat bertambahnya penyaluran pupuk bersubsidi.

“Memang ada penambahan petani baru namun untuk pupuk bersubsidi tetap sama. Sebab luas lahan petani Ngawi sekitar 50.197 hektar, dan itu tidak bertambah,” terangnya.

Terkait isu yang berkembang bahwa kartu tani akan dihentikan, hal tersebut tidak benar. Menurutnya sebelum ada surat resmi dari pusat maka program kartu tani tetap berjalan.

“Sebelum ada surat resmi, kita tetap melakukan penyaluran kartu tani,” tegasnya. (iko)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Janji Akan Bantu Pembangunan Masjid Taqwa

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati Pasaman Sabar AS berjanji akan membantu pembangunan Masjid Taqwa yang berlokasi di Kampung Tuan, Jorong Tujuh Koto, Nagari Lubuk Layang,...

TKD Prabowo – Gibran Kabupaten Pasuruan Gelar Tasyakuran dan Halal Bihalal

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dengan keputusan dari Mahkamah Konstitusi tentang penetapan pasangan Prabowo - Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Sebagai bentuk syukur atas kemenangan tersebut,...

Bupati Pasaman Hadiri Perpisahan Pondok Pesantren Nurul Hidayah

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati  Pasaman, Sabar AS menghadiri perpisahan Santriwan dan santriwati pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan, Sabtu...