HomeADVERTORIALGround Breaking Bandara Kediri April 2020

Ground Breaking Bandara Kediri April 2020

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno (tengah)

Kediri, SMNNews.co.id – Acara yang digelar di Pendopo Kab. Kediri tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan seluruh jajaran Forkopimda lainnya. Rapat tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain ground breaking akan dilaksanakan pada bulan April 2020 mendatang, tentunya setelah proses pembebasan lahan selesai dilakukan.

Pembangunan bandara dilakukan di lahan seluas 450 hektar (ha). Rencananya landasan pacu bandara (runway) dibangun sepanjang 3.300 meter yang ditargetkan rampung dalam 2 tahun. Bandara Kediri saat ini dalam tahap penetapan lokasi dan pematangan desain.

Bandara yang berada di Jawa Timur ini akan berfungsi sebagai bandara domestik, sementara untuk bandara internasional tetap dilayani di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. Keberadaan Bandara Kediri diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian, meningkatkan jumlah wisatawan, mempermudah masyarakat sekitar untuk bepergian hingga memberikan lapangan pekerjaan masyarakat di Kediri dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan bahwa tugas utama dari Pemerintah Kab. Kediri adalah membantu dalam pembebasan lahan, sekarang tinggal 0.6 persen yang belum. Pembebasan berlaku hingga tanggal 31 Januari 2020, lebih dari itu akan diberlakukan konsinyasi.

“Prosesnya terus kami komunikasikan kepada warga baik melalui Forkopimda dan staf ahli dari Kementerian bahwa deadline tanggal 31 Januari. Sisanya konsinyasi, dalam artian diserahkan BPN untuk dihitung, kemudian uang ganti lahannnya dititipkan ke Pengadilan Negeri,” terang Bupati Kediri.

“Harapan terbesar saya, akan banyak warga Kab. Kediri yang bekerja di bandara tersebut. Kami bersedia memberikan pelatihan guna menambah skill mereka agar pada saat mendaftar dan seleksi bisa diterima. Jadi yang mendaftar bukan sembarangan karena sudah memiliki skill yang mumpuni,” tambah Bupati Haryanti.

Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi Pemkab Kediri yang telah bekerja dengan baik terkait pembangunan bandara tersebut. Hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

“Alhamdulillah semua sudah dirancang dengan baik mulai dari akses jalan, saluran air dan lain-lain. Target pembangunan 2 tahun, kita harapkan selama kurun waktu tersebut dapat terselesaikan dengan lancar, jadi mulai April 2020 hingga April 2022,” jelas Menhub RI ditemui usai pertemuan.

Proyek pembangunan Bandara Kediri ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembiayaan seluruhnya mulai dari pembebasan lahan sampai ke pembangunan bandara menggunakan dana dari swasta yaitu PT Gudang Garam Tbk. Sementara untuk pengelolaannya seperti Trafic Air Control akan dilakukan oleh BUMN PT Angkasa Pura I (Persero). (Kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemkab Jombang Raih Opini WTP untuk ke-11 Kali Berturut-turut

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemkab Jombang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI, Perwakilan Jawa Timur untuk kali ke-11...

Stop Bullying, Polres Pamekasan Gencar Lakukan Police Goes To School

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Polres Pamekasan gencar melakukan kegiatan Police Goes To School, kali ini dilaksanakan oleh Polsek Palengaan,  Kapolsek Palengaan AKP Ach Supriyadi turun...

Upacara Hardiknas 2024, Pemkab Jombang Gaungkan Giat Belajar, Giat Prestasi dan Giat Berkarya

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melaksanakan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di lapangan Pemda Jombang pada Kamis (02/05/2024) pagi. Upacara diikuti...