HomeBERITAInovasi Desa Diharap untuk Bangun SDM dan Entaskan Kemiskinan

Inovasi Desa Diharap untuk Bangun SDM dan Entaskan Kemiskinan

Rakor Evaluasi PID yang dilaksanakan Senin (30/12/2019)

NGAWI, SMNNews.co.id – Inovasi di tingkat desa diharapkan selalu meningkat dan semakin diarahkan pada pembangunan sumber daya manusia serta pengentasan kemiskinan. 

Hal itu ditegaskan Roy Rizzano, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi. “Kalaupun  membangun infrastruktur juga yang arahnya pada pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Roy.

Hal itu dijelaskan Roy Rozzano saat Rapat Koordinasi Evaluasi Program Inovasi Desa, Senin (30/12/2019).

Sedangkan evaluasi pada pelaksanaan Program Inovasi Desa sendiri lebih pada teknis proses maupun capaian hasilnya.

Prawoto, Tenaga Ahli Kabupaten Ngawi, menyatakan, beberapa kekurangan dalam PID yang menjadi evaluasi diantaranya musyawarah antar desa yang belum diperhatikan ketepatan waktu maupun kuorumnya, komitmen ide, adanya kecenderungan keseragaman (duplikasi) inovasi, dan sebagainya. 

Mulai tahun 2020, PID sudah tidak perpanjang, namun bukan berarti desa harus berhenti berinovasi dan kreatif.  “Justru sudah pernah ada program ini berarti sudah bisa dilepas untuk melaksanakan inovasi yang sesuai dengan potensi dan arah pembangunan di desa-desa tersebut,” ungkapnya. 

Adanya inovasi desa, selama ini telah ikut mendorong krearifitas desa dalam melaksanakan program yang inovatif misalnya di bidang pariwisata, infrastruktur dan usaha kecil menengah.

Berhentinya program inovasi desa setelah terlaksana selama 2017-2019, bukanlah sebuah pembenaran untuk menghentikan kreatifitas membangun desa menuju masyarakat mandiri dan sejahtera. (ari) 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...