HomeBERITAKepala Bank BCA Cabang Kab. Blitar, Bupati Blitar, dan Sandiaga Apresiasi Kekompakan...

Kepala Bank BCA Cabang Kab. Blitar, Bupati Blitar, dan Sandiaga Apresiasi Kekompakan Warga Desa Semen Blitar Bangun Desa Wisata Berbasis CBT

Agus, Kepala Bank BCA Cabang Blitar saat mendampingi Menteri Sandiaga Uno dan Bupati Blitar Rini Syarifah

Blitar, SMNNews.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi kekompakan warga Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar membangun desa wisata yang dikonsep dengan pariwisata berbasis komunitas atau Community Based Tourism (CBT).

Ini ia sampaikan dihadapan awak media saat selesai mengunjungi Desa Semen yang masuk 50 besar nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 dengan tema besar Desa Wisata Indonesia Bangkit, Rabu (29/6/2022).

“Bahwa ini dikerjakan bersama-sama dalam konsep pariwisata berbasis komunitas, CBT, Community Based Tourism. Dan ini banyak peluangnya untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan karena kita lihat banyak produk-produk ekonomi kreatif yang sangat beragam,” jelas Sandiaga.

Dikatakannya, melihat saat ditengah pandemi saja tingkat pengunjung desa wisata sudah naik mencapai tiga puluh persen. Artinya, sambung dia, itu menunjukkan adanya sekitar 1,1 juta lapangan pekerjaan baru yang diciptakan. Ini masih bisa direalisasikan asal tetap menjaga momentum kebangkitan pasca pandemi.

“Namun ekonomi sekarang mengalami banyak tantangan. Harga-harga bahan pokok meningkat. Kami berkomitmen dengan kegiatan desa wisata ini ekonomi masyarakat akan terbantukan,” ungkapnya.

Pembantu presiden yang akrab dipanggil Mas Menteri ini berharap pariwisata di Indonesia kedepan semakin menyentuh masyarakat lapisan bawah. Pariwisata menurutnya tidak hanya milik kuasa masyarakat menengah ke atas, namun pariwisata harus bisa mensejahterakan masyarakat menengah ke bawah. “Pariwisata bukan hanya untuk yang berduit. Tapi pariwisata harus bisa mampu mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Kepala Bank BCA Cabang Blitar Agus, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Bupati Blitar Rini Syarifah saat mendengarkan paparan wisata Desa Semen

Ditempat terpisah, Kepala Bank BCA Cabang Blitar, Agus yang juga ikut mendampingi Sandiaga saat melihat kondisi desa wisata di Desa Semen itu menyampaikan terimakasih kepada Menteri Sandiaga atas kunjungan ke Kabupaten Blitar setelah satu tahun lalu di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, terkait desa wisata.

“Kami akan selalu berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, menurutnya siap untuk terus berupaya menguatkan kapasitas desa wisata sebagai sarana pengembangan ekonomi masyarakat dan edukasi wisata, Agus sangat optimis Desa Semen mampu meraih prestasi terbaik di ADWI tahun ini.” ungkap Agus.

Lebih lanjut, Agus saat mendampingi Menteri Sandiaga juga bersama Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar Zaenal A., jajaran Forkopimda hingga kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar.

“Dilokasi kegiatan, banyak warga yang datang untuk melihat Menteri Sandiaga saat mengunjungi Desa Wisata Desa Semen, makanya kami selaku pihak perbankkan, agar masyarakat proaktif untuk mendaur ulang sampah di sekeliling desa wisata ini, seyokjanya bisa menambah penghasilan bagi masyarakat di sekitar wisata tersebut, jika tempat wisatanya bersih, maka pengunjung akan meningkat dan ekonomi di desa wisata akan meningkat,” pungkas Agus Kepala Bank BCA Cabang Blitar. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Peringati Hari Buruh, Ribuan Pekerja Semarakkan Fun Walk Bareng Pj Bupati Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) disambut meriah di Kabupaten Jombang. Pemerintah Kabupaten Jombang bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Jombang...

Gus Mujib Resmi Mendaftar Cabup Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id - Usai Ramdanu dan Sudiono Fauzan yang mendaftar sebagai calon Bupati Pasuruan di Partai Kebangkitan Bangsa. Kal ini giliran KH. Mujib Imron...

Kapolresta Cirebon Resmikan Monumen Udang dari Knalpot yang Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

CIREBON, SMNNews.co.id - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni meresmikan monumen udang dari bahan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi tehknis, Selasa (30/4/2024). Kegiatan yang dilaksanakan...