HomeLIFESTYLEManfaat Daun Kelor Untuk Kesahatan Tubuh

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesahatan Tubuh

Daun Kelor (Sumber : Google)

SMNNews.co.id – Manfaat daun kelor sebagai obat herbal sudah dirasakan sejak berabad-abad lamanya.

Tidak hanya daunnya saja, namun seluruh bagian dari kelor bermanfaat bagi manusia dan hewan, mulai dari akar, kulit tumbuhan hingga biji kelor.

Menurut situs Renature, semua bagian dari kelor dapat digunakan dalam pengobatan, makanan, dan penjernihan air.

Keajaibannya membuat tanaman asli India ini, yang tumbuh subur di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, mendapat julukan Miracle tree atau pohon ajaib.

Daun kelor atau Moringa oleifera mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Baca Juga : Khasiat Mengonsumi Lemon di Pagi Hari, Catat ya Sobb!!!!

Daun kelor, dikutip dari WebMD, mengandung vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk dan potasium 15 kali lebih banyak daripada pisang.

Daun kelor juga mengandung kalsium, protein, zat besi dan asam amino.

Manfaat daun Miracle Tree yang juga dikenal daun kelor dirangkum di bawah ini.

Menurunkan Kolesterol

Terlalu banyak kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL), dalam darah meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan nabati yang efektif menurunkan kolesterol jahat, seperti: B. daun kelor. Menurut Healthline, beberapa penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Menutrisi Kulit dan Rambut

Manfaat daun kelor juga untuk kesehatan kulit dan rambut seperti mencegah penuaan, jerawat dan kulit kusam Terlindungi dengan baik. Tidak hanya itu, seperti dilansir dari Medical News Today, daun Miracle Tree juga mengandung protein yang sangat membantu dalam melindungi kulit. sel dari kerusakan. Daun ini memiliki sifat pelembab dan detoksifikasi yang membantu meningkatkan nutrisi kulit dan rambut.

Mengurangi Peradangan

Manfaat daun kelor berikut ini berkaitan dengan sifat antiradang atau antiinflamasi yang dimilikinya. Inflamasi atau peradangan merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi atau luka.
Meskipun ini merupakan mekanisme perlindungan, peradangan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung dan kanker.
Daun kelor mengandung zat antiradang berupa isotiosianat. Zat ini mengurangi peradangan pada tubuh dan mencegahnya berkembang menjadi penyakit kronis.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dalam sel tubuh meningkat sebagai respons terhadap stres. Terlalu banyak radikal bebas membuat tubuh terpapar stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit.
Penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif, kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes bukanlah lelucon. Untungnya, radikal bebas dalam tubuh dapat melawan antioksidan yang terdapat dalam makanan Daun kelor kaya akan vitamin C dan beta-karoten, menurut Healthline. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah stres oksidatif.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Tentang Kolagen yang Beredar di Kalangan Masyarakat

Meningkatkan Kesehatan Mata

Berkat tingginya antioksidan seperti betakaroten dan flavonoid, daun kelor turut meningkatkan fungsi mata. Daun kelor juga bisa mencegah masalah-masalah dalam organ penglihatan, termasuk pelebaran pembuluh darah retina, penebalan membran kapiler, dan disfungsi retina.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Hiperglikemia identik dengan diabetes. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini juga meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain menurunkan kadar gula darah, tanaman ini juga meningkatkan efektivitas hormon insulin.Dengan demikian, daun kelor dapat membantu mencegah resistensi insulin dan diabetes. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Antisipasi Pasca Teror di Mapolsek Astana Anyar, Polres Tulang Bawang Barat Perketat Penjagaan Mako

TULANG BAWANG BARAT, SMNNews.co.id – Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung memperketat pengamanan Mako Polres untuk mengantisipasi kemungkinan adanya Pelaku teror bom. "Sebagaimana penekanan dari Kapolda...

Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara!

PASURUAN, SMNNews.co.id - Bentuk kedekatan dengan masyarakat di Kabupaten Pasuruan, DPRD Kabupaten Pasuruan mempunyai program "Bolo Dewan Menyapa, Pasuruan Bicara". Diskusi ini digelar di Jalan...

Jenguk Korban Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Kapolri : Tetap Semangat Lindungi Masyarakat

BANDUNG, SMNNews.co.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk masyarakat dan personel polri yang menjadi korban peristiwa bom bunuh diri Mapolsek Astana Anyar di...