HomeADVERTORIALMas Dhito Targetkan 2 Minggu Serapan Vaksinasi Lansia Capai 60 Persen

Mas Dhito Targetkan 2 Minggu Serapan Vaksinasi Lansia Capai 60 Persen

KEDIRI, SMNNews.co.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito menargetkan dalam dua minggu kedepan, serapan vaksinasi lansia sudah mencapai 60 persen.

Disampaikan Mas Dhito, sejauh ini rata rata dari data tiap kecamatan, untuk vaksinasi lansia belum mencapai target 60 persen. Dia menargetkan dua minggu ke depan vaksinasi terhadap lansia di tiap kecamatan sudah mencapai target.

“Karena ini momentum. Pada saat kondisi pandemi covid benar-benar melandai itu momentum kita menggenjot vaksinasi. Jangan sampai nanti gelombang tiga muncul, vaksinasi kita masih lemah,” katanya saat rapat koordinasi terkait Covid dan Vaksinasi bersama Forkompinda di Pendopo Panjalu Jayati, Rabu (24/11/2021) malam. Dibeberkan Mas Dhito, vaksinasi terhadap lansia itu sangat penting karena mereka usia rentan. Adapun dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri target terbanyak yang belum tervaksinasi ada di Kecamatan Mojo, Kepung dan Badas. Bagi serapan vaksin yang kurang 60 persen, Mas Bup meminta Camat untuk bisa fokus dan menggenjot supaya dalam dua minggu mencapai target.

“Saya tidak mau dengar Puskesmas kekurangan vaksin, saya minta Dinkes untuk segera distribusikan vaksi, karena stok vaksin cukup,” ungkapnya.

Supaya target itu tercapai, nantinya akan ada beberapa opsi strategi, diantaranya melalui door to door. Bilamana strategi itu tidak efisien akan dilakukan mobilisasi massa di tingkat dusun. Sebab, untuk lansia bila harus dimobilisasi tingkat desa bahkan kecamatan, jaraknya terlalu jauh.

“Jadi mungkin kita lakukan mobilisasi di tingkat dusun, atau tingkat RT,” terangnya.

Selain serapan vaksinasi untuk lansia, Mas Dhito juga menargetkan vaksinasi tahap pertama mencapai 70 persen. Sementara itu, Mas Dhitojugamenugaskancamatuntuk melakukan pendataan by name by address dengan berkoordinasidenganpemerintah desa sampai ke RT untuk mendata serapan vaksinasi lansia, dosis pertama,dandosis kedua supaya mendapat keakuratan data. “Saya berharap sebelum liburan natal dan tahun baru capaian serapan vaksinasi sudah mencapai target,” tandasnya.

Sementara ituPlt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri  Achmad Khotib memaparkan, secara keseluruhan untuk mencapai target vaksinasi 60 persen bagi lansia harus mencapai angka 103.930, sedang saat ini baru 91.094. Sedang untuk dosis pertama supaya terpenuhi target 70 persen harus mencapai 894.413 sedang saat ini capaian sebanyak 798.084.

“Stok vaksin yang tersedia sebanyak 245.099 dosis,” paparnya. (Kominfo/adv/kan)

BERITA TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA