HomeBERITAPelaksanaan PPKTD Nagari Durian Tinggi Dikejorongan Tampang Sukses Dilaksanakan

Pelaksanaan PPKTD Nagari Durian Tinggi Dikejorongan Tampang Sukses Dilaksanakan

Saluran irigasi yang telah selesai diperbaiki.

PASAMAN, SMNNews.co.id – Dana desa yang telah dikucurkan pemerintah pusat melalui Kementrian Desa ternyata membawa manfaat yang tidak sedikit bagi masyarakat. Termasuk di Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Pj Wali Nagari Durian Tinggi bapak Abd Haris saat ditemui awak media menjelaskan kegiatan ini pelaksanaannya merupakan Pola Padat Karya Tunai (PKTD) sesuai dengan acuan serta seruan Kemendes dan Bupati Pasaman yang bertujuan menyerap tenaga kerja masyarakat setempat sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat terutama dalam kondisi pandemi covid saat ini.

Bahwa sebagai wujud kegunaan dana desa telah melaksanakan pembangunan saluran irigasi. Pembangunan dilaksanakan di Jorong Tampang, bersumber dari dana DD tahun 2020 dengan jumlah anggaran Rp. 94.250.000 (belum PPH PPN), ungkap Abd Haris.

Ketua tim pengelola kegiatan (TPK) selaku Pj Jorong Tampang Ibu Rossi mengatakan bahwa, dirinya dan Pemerintah Nagari Durian Tinggi mengutamakan pembuatan saluran irigasi ini dianggarkan dana DD karena begitu pentingnya air untuk para petani padi sawah yang ada dikejorongan Tampang.

Karena sebagian besar masyarakat kejorongan Tampang bermata pencaharian sebagai petani. Dengan adanya saluran irigasi juga para petani dapat mengatur jumlah air yang akan mereka perlukan nanti untuk kebutuhan sawah mereka.

Pelaksana Penanggung Jawab Kegiatan Nagari (PPKN) Ibu Fitri susanti menambahkan kepada awak media bahwa kebutuhan para petani soal pasokan air terpenuhi itu juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan mereka karena apabila air terpenuhi itu juga bisa menjadi sumber pendapatan mereka karena apabila kebutuhan air terpenuhi dengan baik maka akan berpengaruh pada hasil panen nanti.

Fitri Susanti juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Nagari selalu di pantau oleh tim yang berwenang serta berdoman pada arahan pendamping teknik Nagari dengan RAB sebagai acuan pelaksanaan.

“Dan Alhamdulilah untuk anggaran dana DD 2020 pembuatan saluran irigasi ini sempat roboh dikarenakan hujan lebat yang mengakibatkan banjir serta menerjang kegiatan tersebut yang baru selesai pada sore itu, pada akhirnya sudah diperbaiki bahkan pekerjaan ini juga sudah dilihat oleh Tim Evaluasi dan Tim Monitoring. Besar harapan dari semua pihak baik itu pemerintah Nagari, Lembaga Nagari dan juga tim pengelola kegiatan agar nanti saluran irigasi selesai bisa bermanfaat. Semoga saluran ini di jaga dengan baik dan juga di perhatikan kebersihannya,” tutup Santi. (mad)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Tinjau Wilayah Akibat Banjir, Bupati Pasaman Sabar AS: Perlu Aksi Secepatnya!

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dampak banjir yang melanda wilayah Pasaman beberapa daerah Pasaman, menyisakan banyaknya rusak sarana dan prasarana dibeberapa tempat, Seperti halnya yang dirasakan...

Cak Imin Berpesan Jangan Ada Abuse of Power di Pilkada 2024, Relawan Kompak: Ini Sudah Terjadi di Kota Malang!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Diacara ini, Cak...

Kiprah Produser dan Promotor Muda Jawa Timur Membangun Sportaiment

SURABAYA, SMNNews.co.id - Gerak dan terobosan baru dua anak muda ini layak di acungi jempol, setelah lama tak terdengar kabar di dunia tinju profesional,...