HomeBERITAPemkab Blitar Adakan Acara Hari Jadi Kabupaten Blitar yang ke-698 Tahun 2022

Pemkab Blitar Adakan Acara Hari Jadi Kabupaten Blitar yang ke-698 Tahun 2022

Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah saat mengikuti perayaan Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-698

BLITAR, SMNNews.co.id – Tanggal 5 Agustus merupakan angka sakral bagi masyarakat Kabupaten Blitar, tanggal tersebut ditandai sebagai Hari Jadi Kabupaten Blitar, tepat di hari Jum’at Pon (05/08/22) adalah peringatan yang ke 698. Peringatan ditandai dengan Pisowanan Agung di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Prosesi Pisowanan Agung diawali iring-iringan camat, kepala desa dan kelurahan, disusul iring – iringan Manggolo Pati membawa kitab sejarah, panji lambang Daerah Kabupaten Blitar serta panji penghargaan parasamnya purna karya, panji yang dipimpin oleh Manggolo Pati Sekertaris Daerah Izul Marom diserahkan kepada Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah untuk dileremkan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (di istirahatkan) Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN).

Baca Juga : Buka Festival Kresnayana VIII, Wabup Blitar : Ucapkan Terimakasih Atas Dukungan Warga Blitar

Sesuai tema Hari Jadi ke 698 yakni adalah ekonomi bangkit menuju masyarakat Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maka untuk menumbuhkan kembangkan para pelaku UKM, khususnya makanan olahan Icon Blitar adalah nasi pecel, Hari Jadi Kabupaten Blitar ke 698 digelar kembul bujono akbar dengan menikmati nasi pecel, pada acara ini disiapkan 30 ribu nasi dan 1.300 minuman beras kencur. Nasi Pecel menjadi makanan khas Blitar yang melegenda dan disukai semua kalangan, mulai rakyat sampai kalangan pejabat.

Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah dalam sambutanya menyebutkan, berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, para OPD, pada peringatan Hari Jadi Hari Jadi Kabupaten Blitar ke 698, atas kerja keras ini pemerintah berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, selain itu juga penghargaan atas prestasi yang di raih, baik penghargaan tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional.

“Ing pahargian ambal warsa kaping 698 sanget anggen kula ngaturaken sagunging panuwun engkang sampun makarya sareng ngentasi karya sajroning nglampahaken rodaning pamarintahan kanthi hasil engkang sae. Kerjo nyoto puniko Kabupaten Blitar pikantuk bebungah utawi penghargaan arupi WTP saking BPK RI, bebungah tataran Jawa Timur ugi ing tataran nasional,” ungkap Rini Syarifah disampaikan dalam bahasa jawa.

Orang nomor satu di Pemkab Blitar juga menyampaikan, untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045, yang perlu disiapkan adalah generasi penerus yang sehat, untuk itu masalah stunting menjadi hal yang utama dan dipersiapkan sejak, dan merupakan tantangan yang harus dilalui dan masuk dalam penanganan skala prioritas termasuk pembangunan di segala bidang.

Baca Juga : Wabup Blitar Bela Warganya! Paksa Pertanahan Jatim Segera Selesaikan Sengketa Tanah Garapan

Prosesi Hari Jadi Kabupaten Blitar ke 698 diikuti secara virtual oleh jajaran pemerintahan tingkat Kecamatan, Desa dan tingkat Kelurahan, menandai pisowanan agung di Pendopo RHN dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blitar diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, dan dilanjutkan dengan acara kembul bujono nasi pecel wajib telur bersama Bupati Blitar, Forkopimda diikuti para kepala OPD.

“Mengapa pada Hari Jadi Kabupaten Blitar kita hidangkan 30 ribu nasi pecel wajib lauk telur dengan minuman beras kencur, kita punya maksut untuk membranding khususnya nasi pecel Blitar punya cita rasa yang khas yang tidak kalah dengan nasi pecel tetangga, nasi pecel blitar pancen oke,” pungkas Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah. (Bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Dinas LH Kabupaten Asahan Gelar Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Untuk mempererat tali silaturahmi Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Asahan menggelar Halal Bihalal dengan seluruh ASN dan Non ASN...

Sinergi TNI – Polri, Lakukan Pamturlalin di Pasar Waru Pamekasan Lancar Terkendali

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Hari Kamis adalah hari pasaran di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, anggota Polsek dan Koramil Waru tampak lakukan pengamanan dan pengaturan arus...

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...