HomeBERITAPemkab Pasuruan Berencana Menambah Embung

Pemkab Pasuruan Berencana Menambah Embung

Pemkab Pasuruan berencana untuk menambah embung

PASURUAN, SMNNews.co.id – Pemkab Pasuruan berencana untuk menambah embung. Langkah ini dilakukan, untuk mendukung penyediaan air irigasi serta konservasi alam, Rabu (15/02/2023).

Kepala Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto mengungkapkan, rencana embung baru itu akan direalisasikan di wilayah Pasrepan. Lahan yang akan dijadikan embung sudah di ancang-ancang.

Tinggal melakukan pembebasan. Untuk merealisasikan pembebasan lahan tersebut, Pemkab Pasuruan mengalokasikan sekitar Rp 5 miliar. Dana itu, dibutuhkan untuk pengadaan lahan sekitar 4,2 hektar.

“Untuk lahan sudah kami ancang-ancang lokasinya. Anggaran juga sudah disiapkan. Tinggal pembebasan,” sampainya.

Ia menambahkan, embung tersebut nantinya akan dibangun oleh BBWS Brantas. Karena, tugas Pemkab Pasuruan berupa penyediaan lahannya.

“Kami yang membebaskan lahannya. Untuk fisik pembangunan, akan dilakukan BBWS Brantas,” tambahnya.

Dikatakan Hari, sejauh ini, setidaknya, ada tujuh embung yang dibangun. Diantaranya embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo; embung Kertosari, Kecamatan Purwosari; embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang; embung Krikilan, Kecamatan Kejayan; embung Kalisat, Kecamatan Rembang dan embung Sanganom di Nguling serta embung Welulang, Kecamatan Lumbang.

“Keberadaan embung difungsikan untuk berbagai hal. Selain sarana irigasi, juga untuk mandi ataupun cuci dan juga konsrvasi alam,” tutupnya. (an)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

SPI Kabupaten Indramayu Gelar Diskusi POKTAN dan Gapoktan KTNA di Kecamatan Sindang

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Sebagai upaya perbaikan dan perkembangan pertanian di wilayah Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Ketua Serikat Petani Indonesia Kabupaten Indramayu Try...

Usut Dugaan Korupsi Aset Korpri, Kejari Mintai Keterangan Mantan Sekda, Pj Wali Kota dan Mantan Wali Kota Malang

MALANG, SMNNews.co.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang saat ini sedang mengusut kasus dugaan korupsi aset Korpri Kabupaten Malang. Aset itu berupa Hotel Eka Mandiri...

Dewan Pers: Peran Media Sangat Penting Cegah Radikalisme dan Terorisme

BANYUWANGI, SMNNews.co.id - Dewan Pers bersama Badan Nasiinal Penanggulangan Terorise (BNPT) menggelar workshop bertajuk "Peran Pers dalam Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme untuk mewujudkan...