HomeBERITASelain Lebatnya Hujan! Gundulnya Hutan Akibat Penebangan Liar, Disinyalir Sebabkan Banjir Bandang...

Selain Lebatnya Hujan! Gundulnya Hutan Akibat Penebangan Liar, Disinyalir Sebabkan Banjir Bandang di Blitar Selatan

Banjir di Blitar Selatan

BLITAR, SMNNews.co.id – Curah hujan tinggi semalam yang mengguyur wilayah Kabupaten Blitar mengakibatkan bencana banjir bandang di beberapa tempat, khususnya di Kabupaten Blitar wilayah selatan, Senin (17/10/2022) pagi.

Seperti pantauan awak media di lokasi kejadian, banjir bandang juga memporak porandakan berbagai vasum, persawahan dan kandang ayam, jalan seperti yang terjadi di Desa Ngendi Kecamatan Wonotirto dan sekitarnya di wilayah Kabupaten Blitar.

Kades Ngeni saat di konfirmasi awak media mengatakan, perkiraan kami banjir ini mulai jam 3 pagi, karena semalam suntuk mulai jam 19.00 hingga pagi hari ini, daerah sini masih diguyur hujan lebat.

“Sehingga air meluap sampai kejalan hingga menenggelamkan lapangan dan makam umum Desa Ngeni, dan pasar sebelah lapangan juga ikut hanyut,” tutur Kades Ngeni.

Alhamdulilah sementara ini tidak akan ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang ini, namun ada korban ternak yaitu 1 ekor sapi dan 1500 ternak ayam siap panen, juga menghanyutkan satu kolam ikan nila siap panen.

“Pihak Pemdes bersama-sama warga masyarakat, sementara ini berupaya melakukan penyelamatan barang-barang milik pedagang dipasar yang ikut hanyut kita amankan, agar kerugian masyarakat yang mempunyai dagangan di pasar ini tidak terlalu besar,” tandas kades.

Tentunya kejadian seperti ini terjadi karena alam, dan juga kemungkinan besar terjadi karena adanya penggundulan hutan.

“Yang saat ini bisa kita lihat sendiri hutan diutara Desa Ngeni itu hutannya samasekali satupun tidak ada pohon, dan saat ini kondisinya yang menyebabkan banjir, salah satunya juga penebangan pohon secara liar itu,” tegasnya.

“Untuk korban jiwa nihil untuk saat ini, namun banjir ini juga merusak 9 titik kios di pasar dekat lapangan Desa Ngeni ini,” tambahnya.

Untuk diketahui saat ini banjir tidak hanya terjadi di Desa Ngeni, namun banjir bandang juga terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Blitar lainnya, dari informasi yang diterima Laporan masuk kejadian Pusdalops BPBD Kabupeten Blitar :

Senin, 17 Oktober 2022 Pukul 06:30 WIB

1. Ling. Gondanglegi Kel. Sutojayan Kec. Sutojayan (Banjir)

2. Dsn. Kedungjati Ds. Rejoso Kec. Binangun ( Banjir)

3. Desa Salamrejo Kec. Binangun (Banjir)

4. Ds. Bacem Kec. Sutojayan (Banjir)

5. Ds. Kalitengah Kec. Panggungrejo (Banjir)

6. Jurangkendil Ds. Bacem Kec. Sutojayan (Longsor)

7. Ds. Sumberjo Kec. Sutojayan (Banjir). (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

PASAMAN, SMNNews.co.id - Sabar AS, Bupati Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hari ini menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVIII...

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto hadiri Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan di Halaman...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, menjadi inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yang di laksanakan...