HomeADVERTORIALWalikota Blitar Santoso: Koperasi Tidak Boleh Berhenti, dan Melek Teknologi

Walikota Blitar Santoso: Koperasi Tidak Boleh Berhenti, dan Melek Teknologi

Walikota Santoso didampingi Ketua Umum Dekopin Sri Untari memberikan tumpeng tasyakuran pada Ketua Dekopinda Kota Blitar Slamet Sutanto.

Blitar, SMNNews.co.id- Pemerintah Kota Blitar memperingati hari koperasi ke-73 dengan cukup sederhana. Pada Senin (13/7/2020) peringatan dilakukan dengan tasyakuran dan sarasehan sederhana di Balai Kota Kusuma Wicitra.

Walikota Blitar Santoso secara langsung mengikuti acara dari awal hingga akhir untuk mendengarkan diskusi antar penggerak koperasi. Dengan narasumber yang istimewa, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Sri Untari Bisowarno.

“Meskipun tasyakuran hari koperasi ke-73 digelar sederhana karena ada Covid-19, tetap digelar khidmat. Kita syukuri supaya nanti kita mendapat keberkahan untuk tetap berdiri di masa sulit ini,” kata Walikota Santoso dalam sambutannya.

Santoso ingin koperasi di Kota Blitar terus berkembang, karena ikut memberdayakan perekonomian masyarakat berbasis kekeluargaan. Demi menjaga koperasi tetap sehat di masa Pandemi Covid-19, Santoso pun mengambil sejumlah kebijakan berpihak pada koperasi.

Mulai dari menggelontorkan paket sembako terdampak Covid-19 bagi pengurus koperasi, hingga mempekerjakan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) binaan koperasi di Kota Blitar dalam pengadaan masker.

“Ada 50 ribu masker di Kota Blitar disediakan UMKM binaan koperasi. Maskernya sudah kita bagikan mulai di pasar-pasar, terminal, stasiun, dan tempat keramaian,” ujar walikota yang peduli wong cilik ini.

Santoso ingin agar koperasi di Kota Blitar mengikuti perkembangan dengan memasarkan produknya melalui teknologi digital. Untuk itu pemerintah memberikan dorongan dengan memfasilitasi memberikan pelatihan-pelatihan pemasaran untuk koperasi.

“Maka itu perlu adanya inovasi dan kreativitas contohnya bagaimana pemasaran binaan koperasi menggunakan media sosial sehingga bisa menutup pengurangan pendapat seperti terjadi di masa-masa sulit di pandemi Corona ini,” tandasnya.

Sementara, Ketua Umum Dekopin Sri Untari Bisowarno, memandang perkoperasian Kota Blitar cukup punya potensi untuk tumbuh pesat. Dilihat dari guyub dan kompaknya pengurus koperasi yang hadir saat ini bersama dengan stakeholder dan pemerintah.

“Saya kira ada masa depan yang baik Koperasi. Koperasi bisa hidup kalau bertumbuh dari bawah tapi pemerintah memberikan fasilitasi proses untuk bertumbuhnya itu, melalui regulasi dan keberpihakan. Sehingga bertumbuh kehidupan koperasi yang sehat karena ada hubungan yang baik dengan pemerintah, bukannya bergantung tapi koperasi harus tetap membangun kemandirian,” papar Untari sapaan akrabnya.

Untari berharap agar pemerintah membangun kedekatan dengan koperasi. Seperti yang dilakukan pemerintah Kota Blitar ini patut dicontoh, dengan bersedia mendengarkan keluh kesah koperasi dan memberikan dorongan koperasi untuk menuju digitalisasi dalam pemasarannya.

“Pemanfaatan media sosial itu sebuah tuntutan yang tidak bisa ditunda lagi karena dunia menghendaki itu. Jadi teman koperasi harus adaptif dengan itu, tidak boleh gaptek, harus mengikuti digitalisasi kalau tidak nanti ketinggalan,” harap perempuan yang juga ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini. (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....