HomeBERITAPuskesmas Sembung Tolak Surat Bebas Corona

Puskesmas Sembung Tolak Surat Bebas Corona

dr. Yustien saat memeriksa pasien di Puskesmas Sembung.

TULUNGAGUNG, SMNNews.co.id – Banyaknya warga masyarakat wilayah kerja Puskesmas Sembung yang meminta surat bebas corona untuk perjalanan bisnis keluar kota, Kamis (14/5).

Secara umum kunjungan ke Puskesmas berkurang karena adanya himbauan untuk tidak datang ke layanan kesehatan bila tidak menderita sakit yang berat.

Kepala UPTD Puskesmas Sembung Siswanto melalui dokter Yustien menjelaskan, “Ada beberapa pasien meminta surat sehat bebas corona untuk syarat melakukan perjalan keluar daerah yang tidak digunakan untuk mudik. Sebagian besar mereka beralasan supaya perjalanan bisnis keluar daerah mudah dalam pemeriksaan dicek point tiap-tiap daerah.”

“Beralasan masuk kembali bekerja setelah cuti, lantaran aturan perusahaan mewajibkan karyawannya membawa surat keterangan bebas corona dari layanan kesehatan agar mereka bisa kembali bekerja. Tetapi Puskesmas sini menolak memberikan surat keterangan tersebut. Puskesmas hanya memberikan surat keterangan sehat biasa. Bila ada pemudik yang datang ke Tulungagung akan dilaporkan oleh pihak kelurahan atau desa ke Puskesmas wilayah dan dilakukan pemantauan melalui WhatsApp (WA) selama 14 hari.”

“Bila dalam waktu 14 hari orang tersebut menderita sakit yang mengarah ke Covid-19 diharuskan memeriksakan diri ke Puskesmas penyangga Covid-19 yaitu Puskesmas Kalidawir, Puskesms Beji atau Puskesmas Bangunjaya,” ungkap dr. Yustien.

Puskesmas Sembung menghimbau kepada masyarakat Tulungagung untuk tetap menjaga protokol kesehatan meliputi social distancing, memakai masker, rajin cuci tangan dan tetap tinggal di rumah. Mengingat Kabupaten Tulungagung masih dalam status Zona Merah. (Gusty Indh)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Tinjau Wilayah Akibat Banjir, Bupati Pasaman Sabar AS: Perlu Aksi Secepatnya!

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dampak banjir yang melanda wilayah Pasaman beberapa daerah Pasaman, menyisakan banyaknya rusak sarana dan prasarana dibeberapa tempat, Seperti halnya yang dirasakan...

Cak Imin Berpesan Jangan Ada Abuse of Power di Pilkada 2024, Relawan Kompak: Ini Sudah Terjadi di Kota Malang!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Diacara ini, Cak...

Kiprah Produser dan Promotor Muda Jawa Timur Membangun Sportaiment

SURABAYA, SMNNews.co.id - Gerak dan terobosan baru dua anak muda ini layak di acungi jempol, setelah lama tak terdengar kabar di dunia tinju profesional,...