HomeBERITASejahterakan Petani, Pemerintah Desa Sumberurip Kec. Doko Kab. Blitar Bangun JUT

Sejahterakan Petani, Pemerintah Desa Sumberurip Kec. Doko Kab. Blitar Bangun JUT

Bonaji, Kepala Desa Sumberurip Kec. Doko Kab. Blitar

Blitar, SMNNews.co.id – Saat ditemui awak media pada, Rabu (11/05/2022) di ruangannya, Bonaji selaku Kepala Desa Sumberurip Kec. Doko Kab. Blitar menyampaikan,” dalam rangka penerapan Perpres 104 tahun 2022, diputuskan dari anggaran Dana Desa(DD) dalam APBDES Desa Sumberurip Tahun 2022, 21% anggaran Dana Desa (DD) untuk ketahanan pangan kurang lebih Rp. 173.137.327, dan itu untuk membangun Jalan Usaha Tani (JUT) agar petani terbantu dalam proses hasil Pertanianya di Desa Sumberurip khususnya,” ucapnya.

Anggaran tersebut digunakan untuk membangun 7 titik ruas jalan menuju persawahan dan perkebunan yang ada di wilayah Desa Sumberurip. Menurut Kepala Desa Sumberurip, ada dua titik pembagunan JUT, yang pertama terletak di RT. 02- RW. 02. Pembangunan rabat jalan tengah persawahan ini berfungsi untuk memudahkan petani melakukan kegiatan menanam dan memanen padi.

Prosesi pembangunan rabat jalan
Kondisi jalan persawahan setelah dilakukan pembangunan

“Yang mana dulu jalan itu sebelum ada pembangunan jalan JUT hanya sepeda motor yang bisa lewat, dan sekarang setelah dibangun mobil pickup sudah bisa lewat dan memudahkan untuk mengangkut hasil panennya,” tutur Kades.

Sedangkan yang kedua, pembangunan jalan JUT terletak di RT. 01- RW. 01. Pembangunan rabat jalan ini akan dilakukan di samping aliran irigasi, sehingga memudahkan para petani kopi setempat untuk menuju perkebunan.

Pembangunan rabat jalan di samping saluran irigasi
Kondisi jalan setelah dilakukan pembangunan

“Karena sebelum dibangun rabat jalan menuju perkebunan tersebut tanah becek hanya bisa dilewati orang jalan kaki dan itupun harus hati-hati karena licin dan berlumpur, tapi setelah di bangun rabat jalan usaha tani JUT, sekarang sepeda motor sudah bisa lewat dan membuat nyaman petani kebun yang lewat situ. “imbuhnya.

Semua rabat jalan usaha tani JUT tersebut mengunakan pola pekerjaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dapat pula menjadi stimulan pekerjaan sementara bagi masyarakat Desa Sumberurip di sekitar lokasi rabat.

“Dengan adanya PKTD masyarakat yang ada dibawa garis merah dapat sedikit terbantu dengan diberdayakan dalam kegiatan tersebut, sehingga masyarakat ikut berkontribusi dalam kegiatan pembangunan di Desa Sumberurip ini,” jelasnya. “Harapan kedepan dengan dibangunnya jalan usaha tani JUT yang menuju ke persawahan dan perkebunan tersebut, semoga petani di wilayah Desa Sumberurip ini nantinya tidak ada lagi keluhan terkait jalan menuju ke perkebunan dan persawahan, serta petani lebih giat untuk mendukung program ketahanan pangan yang ada di Desa Sumberurip,” pungkasnya. (bon)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Cak Imin Berpesan Jangan Ada Abuse of Power di Pilkada 2024, Relawan Kompak: Ini Sudah Terjadi di Kota Malang!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Diacara ini, Cak...

Kiprah Produser dan Promotor Muda Jawa Timur Membangun Sportaiment

SURABAYA, SMNNews.co.id - Gerak dan terobosan baru dua anak muda ini layak di acungi jempol, setelah lama tak terdengar kabar di dunia tinju profesional,...

Cak Imin Gelar Pembekalan Bacakada Jatim, Berikut Pesan Ketua Umum PKB ini!

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menemui bakal calon kepala daerah (Bacakada) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Dalam sambutannya, Cak...