HomeADVERTORIALSekda Kabupaten Blitar Buka Rakor Kelitbangan dan Workshop Penguatan Inovasi Daerah

Sekda Kabupaten Blitar Buka Rakor Kelitbangan dan Workshop Penguatan Inovasi Daerah

Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan dan Workshop Penguatan Inovasi Daerah

BLITAR, SMNNews.co.id – Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan yang diselenggarakan di Wisata Kampung Cokelat, Selasa (25/10/2022). Selain Rakor juga digelar Workshop Penguatan Inovasi Daerah tahun 2022.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Blitar dengan mengusung tema “Blitar Inovatif Untuk Tumbuh Lebih Cepat” itu dihadiri peserta kepala OPD, Direktur RSUD, Camat dan kepala Puskesmas di lingkup Pemkab Blitar.

Kegiatan itu juga menghadirkan narasumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur dan Asosiasi Science Technopark Indonesia (ASTPI).

Sekda Izul Marom menilai rakor kelitbangan dan workshop penguatan inovasi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Setiap program kegiatan dan kebijakan harus didasarkan pada penelitian dan perkembangan.

“Kalau setiap kegiatan berdasarkan data-data penelitian dan perkembangan, maka semua program kegiatan akan tepat sasaran dan menjadi efesien,” kata Izul Marom kepada awak media usai membuka kegiatan.

Disisi lain, lanjut Sekda Izul, juga dibutuhkan peta potensi yang ada Kabupaten Blitar, apa potensi kita yang bisa dikembangkan dan dieksplorasi untuk mensejahterakan masyarakat.

“Jadi, dikembangkan dari mana, ya dari litbang tersebut dan dari litbang itu pula nanti akan muncul banyak inovasi,” katanya.

Menurutnya, semua harus berdasarkan litbang, tetapi memang litbang juga ada sifatnya yang lebih kuat dalam rangka menggali potensi dan hasilnya bisa salah salah satunya mendatangkan investor.

Terakhir, Sekda berharap kegiatan seperti ini untuk terus dilakukan, dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan inovasi dari masing-masing OPD, serta dilakukan evaluasi guna melakukan perbaikan-perbaikan.

Sementara Kepala Bappeda Pemkab Blitar, Jumali mengatakan maksud digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan fungsi dan peran penelitian dan pengembangan dalam memberikan kontribusi bagi kebijakan pembangunan, serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah melalui inovasi daerah.

“Salah satu tujuannya yaitu, terwujudnya sinkronisasi program penelitian dan pengembangan agar terkoordinasi dengan baik, serta dapat diterapkan secara nyata untuk kepentingan berbagai pihak dan masyarakat luas,” pungkasnya. (adv/bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Janji Akan Bantu Pembangunan Masjid Taqwa

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati Pasaman Sabar AS berjanji akan membantu pembangunan Masjid Taqwa yang berlokasi di Kampung Tuan, Jorong Tujuh Koto, Nagari Lubuk Layang,...

TKD Prabowo – Gibran Kabupaten Pasuruan Gelar Tasyakuran dan Halal Bihalal

PASURUAN, SMNNews.co.id - Dengan keputusan dari Mahkamah Konstitusi tentang penetapan pasangan Prabowo - Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Sebagai bentuk syukur atas kemenangan tersebut,...

Bupati Pasaman Hadiri Perpisahan Pondok Pesantren Nurul Hidayah

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati  Pasaman, Sabar AS menghadiri perpisahan Santriwan dan santriwati pondok Pesantren Nurul Hidayah Simatorkis Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan, Sabtu...