HomeBERITAUntuk Mencegah Konflik, Wabup Blitar Minta BPN Survei Lokasi Sebelum Terbitkan HGU

Untuk Mencegah Konflik, Wabup Blitar Minta BPN Survei Lokasi Sebelum Terbitkan HGU

Wakil Bupati Blitar adakan rapat kordinasi terkait tanah HGU di Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id – Guna mencegah terjadinya konflik dengan warga, Wabup Blitar minta pihak Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur untuk melakukan survei melihat kondisi terkini di lokasi yang diajukan Hak Guna Usaha (HGU) oleh pihak pengusaha.

Hal ini disampaikan Wabup Blitar Rahmat Santoso dihadapan Kepala Kanwil BPN Jatim dan pihak PT. Kismo Handayani yang mengajukan HGU, serta pihak terkait saat rapat di Kanwil BPN Jatim. “Saya minta BPN dan pihak terkait, tidak hanya sekedar melihat kelengkapan syarat administrasi saja,” ujar Wabup Rahmat usai rapat, Selasa (30/8/2022).

Tapi lanjut orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini, juga melihat kondisi terkini di lokasi yang diajukan HGU nya oleh pihak pengusaha. “Seperti HGU yang diajukan PT. Kismo Handayani ini, harus dilakukan survei ulang ke lokasi di Desa Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Karena survei terakhir dilakukan 2018 lalu,” jelas Wabup Rahmat.

Baca Juga : Wabup Blitar Minta Penanganannya Stunting Harus Bersinergi dan Solid

Rapat di Kanwil BPN Jatim ini diungkapkan Wabup Rahmat sesuai undangan yakni Rapart Persiapan Panitia Pemeriksaan Tanah dalam rangka membahas kelengkapan data fisik dan data yuridis, atas permohonan pemberian HGU atas tanah seluas 2.324.508 m2 di Desa Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar atas nama PT Kismo Handayani dipergunakan untuk perkebunan.

Menurut pria yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini, pentingnya dilakukan survei ulang agar diketahui kondisi terkini di lokasi. Seperti kondisi adanya sumber air yang juga dibutuhkan warga, karena sesuai aturan memang dilindungi. “Aturannya ada itu, radius berapa meter tidak boleh ada bangunan dan sebagainya. Agar sumber air tetap terjaga, sehingga tidak menimbulkan konflik dengan warga sekitar,” tandasnya.

Oleh karena itu Wabup Rahmat menegaskan, pihak BPN harus melakukan survei, jangan hanya melihat gambar/peta lokasi saja. Libatkan semua pihak mulai warga sekitar, desa, kecamatan hingga dinas terkait untuk bersama-sama melakukan survei lokasi.

“Intinya saya (Pemkab Blitar) tidak punya kepentingan apapun, asalkan semuanya sesuai prosedur dan aturan yang ada. Serta tidak sampai menimbulkan konflik, pengusaha (pemegang HGU) dengan warga maupun antar warga,” tegas Wabup Rahmat.

Baca Juga : Berdiri Bersama! Kades Karangsono dan Wabup Blitar Rahmat Santoso, Santer Kabar Keduanya Masuk Dibursa Pilkada 2024

Wabup Rahmat menambahkan, tidak hanya sekedar minta BPN melakukan survei lokasi saja. Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI) ini juga minta pihak pengusaha PT. Kismo Handayani memfasilitasi survei tersebut, kalau dari Pemkab Blitar akan siap mendampingi.

“Pihak pengusaha yang mengajukan HGU saya minta survei yang dijadwalkan 14 September 2022 agar difasilitasi, Pemkab Blitar dan jajaran seperti Dinas Pertanian, Perkim dan lainnya siap mendampingi. Agar semuanya clear tidak ada konflik berkepanjangan,” imbuhnya. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....